D3 Desain Furnitur

Program Studi Desain Furnitur, salah satu program Diploma III yang diselenggarakan oleh Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu Kendal dibawah naungan Kementerian Perindustrian. Desain furnitur merupakan bagian dari desain produk yang merupakan rumpun ilmu terapan dan sub rumpun dari ilmu desain. Lulusan dari program studi ini dapat bekerja di berbagai unit-unit usaha terutama di industri yang membutuhkan inovasi terhadap desain produk furnitur. Ada tiga kategori prospek bidang keprofesian bagi lulusan dari program studi ini, yaitu sebagai: Drafter, Designer assistant dan Junior designer. Pada program studi ini mahasiswa akan mempelajari dasar-dasar desain furniture, gambar bentuk, gambar teknik manual, gambar teknik CAD, estetika bentuk, ragam hias, perangkat lunak animasi, konstruksi furnitur, finishing furnitur, desain prototype serta dilengkapi dengan kemampuan berbahasa asing, etika bisnis dan komunikasi, serta humaniora maupun agama. Perkuliahan menggunakan kurikulum yang telah disesuaikan dengan kebutuhan industri (link and match) dimana dalam penyusunannya bekerjasama dengan Swisscontact - S4C. Perkuliahan menerapkan jadwal blok dan dual system, yaitu perkuliahan dilaksanakan di kampus dan di Industri. Beban studi program studi minimal 121 SKS yang diselesaikan dalam 6 semester. Praktik Industri terbagi masing-masing 4 bulan pada semester 2, 4, dan 5. Proporsi kuliah teori dan praktikum adalah 40:60. Kegiatan praktikum ditunjang dengan laboratorium gambar dan komputer serta workshop furnitur terintegrasi sesuai dengan kebutuhan industri. Setelah menyelesaikan pendidikan, lulusan Program Studi D-III Desain Furnitur akan mendapatkan gelar, Ahli Madya Desain (A.Md.Ds.)

Visi

Menjadi program studi yang mampu menyelenggarakan pendidikan di bidang desain furnitur yang menghasilkan desain karya inovatif, kreatif, berlandaskan budaya, teknologi dan karya yang berstandar internasional.

Misi
  • Menyelenggarakan pendidikan di bidang desain furnitur yang selaras dengan perkembangan teknologi dan budaya
  • Menyiapkan lulusan bidang desain furnitur yang mampu memahami, menganalisis dan memecahkan persoalan-persoalan desain furnitur secara sistematik dan kontekstual
  • Melaksanakan penelitian terapan yang diperlukan dalam pengembangan industri furnitur dan pendukungnya termasuk meningkatkan kemampuan dosen dan mahasiswa dalam melaksanakan penelitian
  • Mengembangkan Industri Desain Furnitur kepada masyarakat melalui kerjasama dengan berbagai institusi pendidikan pemerintah dan industri baik dalam maupun luar negeri.
Alamat Website df.poltek-furnitur.ac.id
Butuh Bantuan? Hubungi Kami!